STKINDO Wirautama Bandung sebagai satu satunya sekolah tinggi kesehatan di wilayah kabupaten Bandung dalam waktu dekat akan melaksana even terbesar di tahun 2019 yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan kesehatan di Indonesia khususnya di wilayah Jawa Barat sehingga menghasilkan Sumber Daya Kesehatan yang berkualitas dan mampu menjawab tantangan zaman global ini. Seminar yang berkelas internasional akan segera terlaksana dan STKINDO Wirautama menjadi salah satu institusi kesehatan yang berpartisipasi dalam pelaksanaannya.

STKINDO Wirautama merupakan institusi akademik yang menyiapkan tenaga kesehatan profesional dari berbagai disiplin ilmu kesehatan, sehingga turut memiliki rasa tanggung jawab dalam menyediakan wadah ilmiah untuk pertukaran informasi mengenai perkembangan teknologi di bidang kesehatan. Oleh karena itu, STKINDO Wirautama akan menyelengggarakan The 3rd International Seminar on Global Health dengan tema “Technology Transformation in Healthcare For A Better Life“.

Konferensi Internasional ini diharapkan dapat mengakomodir beberapa isu kesehatan global yang dibagi dalam 4 (empat) tema kelimuan yaitu Public Health yang akan mengangkat tema perkembangan teknologi yang dapat digunakan untuk mengedukasi masyarakat tentang gerakan masyarakat sehat. Bidang ilmu Midwifery yang menitikberatkan pada penggunaan teknologi terkini untuk mengatasi permasalahan terkait kesehatan ibu dan anak. Bidang ilmu Nursing yang akan mengangkat tema perkembangan teknologi yang nantinya akan diaplikasikan pada ilmu Keperawatan. Bidang Ilmu Biomedical yang akan membahas perkembangan teknologi yang dapat digunakan di dalam laboratorium kimia klinik, hematologi, imunologi, mikrobiologi, parasitologi, toksikologi, biologi molekuler, dan sitohistoteknologi.

Sasaran Kegiatan  pada seminar ini dengan target peserta sebanyak 800 orang yang terdiri dari 680 orang peserta seminar dan workshop, 90 orang peserta oral presentasi dan 30 orang peserta poster presentasi.  Dosen, peneliti, praktisi professional kesehatan maupun mahasiswa tingkat Nasional dan Internasional. Waktu dan Tempat Pelaksanaan Kegiatan  Konferensi Internasional ini adalah Tanggal  28 Oktober 2019  Pukul  08.00 WIB s.d. 18.00 WIB  bertempat di Hotel eL Royale Bandung

Seluruh kegiatan cara akan diselenggarakan dalam satu hari. Kegiatan terbagi dalam 5 sesi, sebagai berikut :

  1. Sesi pertama ini berlangsung dari pukul 08.50 WIB s.d. 9.20 WIB. Konferensi ini akan menghadirkan Director UNAIDS dan Director General World Health Organization South East Asia Regional Office (WHO SEARO).
  2. Sesi kedua berlangsung dari pukul 09.30 WIB s.d. 11.00 WIB. Pada sesi ini akan dipaparkan materi Kebidanan (Pembicara UK) dan Keperawatan (Pembicara Malaysia) oleh pembicara dari negara. Pada waktu yang bersamaan, peserta dengan latar belakang ilmu Analis Kesehatan dan Kesehatan Masyarakat dipersilahkan untuk mengikuti kegiatan workshop di ruangan yang berbeda.
  3. Sesi ketiga berlangsung dari pukul 11.10 WIB s.d. 12.30 WIB. Pada sesi ini akan dipaparkan materi Analis Kesehatan (Pembicara Filipina) dan Kesehatan Masyarakat (Pembicara Thailand). Pada waktu yang bersamaan, peserta dengan latar belakang ilmu Kebidanan dan Keperawatan dapat mengikuti kegiatan
  4. Sesi keempat adalah sesi publikasi yang akan berlangsung dari pukul 13.30 WIB s.d. 18.00 WIB. Presentasi poster akan berlangsung pada pukul 13.30 s.d. 14.00 WIB dan sesi oral presentation pada pukul 14.00 s.d. 17.00 WIB. Peserta akan dibagi ke dalam 4 ruangan sesuai dengan bidang keilmuannya. Oral Presentation dan poster akan dinilai oleh pembicara dari keempat negara diatas dan juri internal (Indonesia) yang ditentukan oleh Stikes Jenderal A. Yani Cimahi.
  5. Acara akan ditutup dengan penyerahan penghargaan bagi peserta terbaik oral dan poster masing-masing sebanyak 3 orang, serta pengumuman artikel yang terpilih untuk dipublikasikan ke dalam jurnal ter indeks Scopus.

Leave a Comment